Jumat, 11 Januari 2013

Learn from the eldest

Just for sharing...
Learned not only from school, but sometimes we could have a learned things in an unexpectable time. Like three story which I want to tell now, and there are a true story which heppened by me.

Cerita pertama :
Ini cerita gue waktu SMA kelas XII, seperti biasa kalo jam pulang sekolah suka pada ke bu goceng ( restoran depan smansa ) buat ngisi perut lagi. Gue dan temen-temen gue lagi duduk-duduk nungguin pesenan kita. Sembari duduk-duduk gue sama temen-temen cerita tentang kehidupan-kehidupan yang enak-enak, tentang gadget lah, tempat-tempat liburan, khayalan-khayalan tinggi lah. Nah beberapa saat kemudian dateng orang bertopi yang nawarin pulpen, dan yang gue lakuin adalah ....

Gue ga liat muka orang itu dan langsung nolak dia, karea apaa ? Karena buat apa beli pulpen lagi, secara tempat pensil gue udah kaya intermedia. Dan gue akuin itu adalah hal terbodoh selama hidup gue..

Reaksi temen-temen gue pas itu , ada yang merhatiin, ada yang mikir daaaan... beberapa detik kemudian... dua orang temen gue nyamperin orang itu. Dan dengan begonya gue masih diem aja dan cuma merhatiin, orang itu pun melepas topinya, daaaan..... saat itu juga hati gue kaya ditusuk-tusuk, mata gue kaya mau meledak air mata, gue merasa jadi orang paling acuh di dunia.

Jadi tuuuh, yang tadi nawarin pensil itu bapak-bapak udah tuaaaaa banget ( kita sebut saja aki-aki ), jadi aki-aki itu cuma bawa dua pack pulpen. Aki-aki itu jalan kaki buat nawarin pulpen ke anak-anak sekolah, buat apa ? Buat dia beli makan, buat dia bisa bertahan hidup, buat dia bisa bertahan lebih lama ngeliat dunia yang selama ini sering kali acuhin dia. Dan yang gue salutnya lagi, kan banyak tuh gue liat aki-aki yang mengemis di jalan, nah kalo ini tuh aki-aki nya hebat, dia gak mau minta-minta, dia juga gak bergantung sama orang lain, walaupun umurnya udah tua, dia masih mau berusaha kerja, seperti berjualan pulpen ini,

Memang sepele rasanya, hanya jualan pulpen, pulpen yang setiap hari ada di kehidupan kita, yang kalo ilang bisa kita langsung beli lagi, tapi buat orang lain? pulpen bisa jadi hidup mereka, dan yang dengan bodohnya gue acuhin itu semua.

Gak beberapa lama saat kejadian itu, gue sama temen-temen gue ngeborong pulpen itu, dengan harapan uang hasil jualan pulpen ai-aki tadi bisa bermanfaat buat aki-aki itu.

Cerita kedua :
Ini cerita saat gue udah duduk di bangku kuliah, jadi kan gue sama temen-temen sekelas lagi nunggu dosen selanjutnya buat masuk. Karena lumayan lama, kami melihat-lihatlah keadaan di luar kelas. Dan waktu gue sama temen gue liat keluar, gue liat ada dosen udah tuaaaaaaaaa, rambutnya ubanan, pake kemeja, bawa tas lumayan berat dan gue rasa itu berat, dan dosen itu senderan di tembok dengan tatapan sayu menatap ke depan kelas. Gue dan temen gue pun jadi terharu ngeliatnya, lalu gue masuk lagi ke dalam kelas.

Sekitar 15 menit kemudian dosen gue belom dateng juga, dan gue celingukan lagi keluar kelas, dan lo tauuuu ???? Dosen itu masih disituuuu, masih beridiri disituuu, masih senderan disituuuu, ga pindah tempat sama sekali, gue liat dua mulai mainin kakinya karena pegel. Dan saat itu juga mata gue merah, kepala gue langsung panas, gue ga tahan ngeliatnya, ga tegaaa, kasiaaan, terharuuu, saluuut, penasaraaan. Lho kok penasaran ? Ya iyalaaah penasaran, gue pengen tau kenapa dosen itu dari tadi gak masuk kelas dia.

Akhirnya gue dan temen gue memberanikan diri lewat depan dosen itu dan liat kelas yang dari tadi diliatin sama dia. Pas gue liat kelasnya, yaa emang sih masih ada dosen, tapi gak lama kemudian dosennya keluar. Gue dan temen gue pun lega ngeliatnya, kan kalo dosen di dalem kelas berarti dosen tua ini bisa langsug ngajar dan duduk di kursi. Tapi mendadak rasa lega itu ilang, dan berubah jadi perasaan jijik dan kesel. Bukan sama dosennya, tapi sama mahasiswanya. Tau kenapa ???????

Jadi pas dosen di dalem itu keluar, setengah dari mahasiswanya CABUT!! CABUT saudara-saudara. Dan ini cabutnya di depan mata dosen tua yang dari tadi udah nungguin sampe pegel-pegel itu sendiri. Ya Allaaaah, sumpaaaah! Itu mahasiswa pada gak punya hati apa, minimal punyaotak laaah. Sama sekali gak ada ngehargainnya sama sekali.

Dosen tua pun masuk ke dalam kelas dan duduk, gue sama temen gue ngintipin kelasnya, cuma ada kurang lebih 25 orangan gitu sih, parah banget kan. Dan gak lama kemudian, ada seorang mahasiswa, gendut, item, cowo, bawa rokok di tangannya, dia ngintip gitu dari depan pintu, dan bukannya masuk. Setelah ngintip dia malah CABUT !!! Sumpaaaaaah, saat itu juga gue sama temen gue ini langsung sumpah serapahin mahasiswa yang cabut tadi.

Gue salut banget sama dosen ini, biarpun udah tua dia masih on time, masih berudaha nunggu buat ngasih pelajaran, buat ngash ilmu ke mahasiswa dengan harapan mahasiswa bisa jadi tombak majunya bangsa, walaupun pada akhirnya dia di khianati sama harapannya sendiri. Ya itu, dengan mahasiswa-mahasiswa yang cabut itu, mereka bener-bener gak tau terima kasih, mereka ga tau apa kalo bikin guru sakit hati itu juga bisa berimbas buat merekanya sendiri.

Ini adalah quote dari teen gue dari twitter :
" Terkadang mereka itu memang dibenci, tapi mereka tidak tahu bahwa yang sebenarnya yang mereka benci adalah pembawa kesuksesan untuk diri mereka sendiri "

#Sebuah quote yang awalnya gak gue ngerti karena kata-kata 'mereka' nya itu ga tau tertuju ke siapa, tapi akhirnya gue ngerti. Bagus banget nih quote, kita bakalan ngerti sendiri quote ini kalo kita udah jadi rang yang punya pemikiran yang dewasa.

Cerita ketiga :
Cerita ini terjadi hari ini, tanggal 11-Januari-2013, disaat gue jemput nyokap gue pulang kerja di simpangan depok. Jadi tuh gue nungguin nyokap gue di depan alfamart simpangan, ternyata nyokap gue belom dateng. Akhirnya gue celingak celingukan liat ke sekelilin gue, ada yang lagi nungguin orang juga, ada yang lagi jualan sesuatu, dan ada yang belinya jugaa, ada yang lalu lalang mobil dan motor, daan tiba-tiba mata gue tertuju pada aki-aki yang duduk sekitar dua meter dari motor gue.

Aki-aki itu lagi jualan rambutan, gue liat rambutannya masih banyak, ada sekitar 1,5 kranjang lagi, dan ini udah jam 8 malam, gue mikir siapa lagi yang mau beli malem-malem gini. Aki-aki itu ketiduran gitu, kayanya dia kecapean deh ngejajakin rambutannya.

Gue nungguin nyokap gue kan lumayan lama tuh, dan selama itu juga gak ada orang yang sama sekali beli rambutan itu, bahkan ngeliat pun gak ada. Coba ? Gimana ga tambah iba coba.

Dan lagi-lagi ini adalah kondisi yang mengharukan, dan untuk kesekian kalinya lagi gue salut sama aki-aki. Sama seperti cerita pertama, aki-aki ini tuh gak bergantung dengan orang lain, dia masih berusaha untuk bertahan hidup denga usahanya sendiri dengan berjualan apapun. Dan ini bisa jadi motivasi buat gue pribadi sebagai anak muda, untuk gak pernah berhenti berusaha walaupun digerogoti umur.

There are three stories that I had been looked by myself, emang sih selama ini kita sering kali menyepelekan umur yang tua. Dan dari cerita ini bisa menjebol pikiran kita yang masih kolot seperti itu. Semoga cerita ini bermanfaat.




1 komentar: