Rabu, 05 Juni 2013

Sering Bangun Tidur Tengah Malam ? Ini penyebabnya !




Tidur merupakan hal yang sangat nikmat.Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Dengan tidur, kita dapat merelaksasikan otot-otot tubuh yang dalam seharian ini dipaksa untuk bekerja, selain itu tidur juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita, diantaranya adalah :

1. Meregenerasi sel-sel.
 Selama proses tidur berlangsung sel-sel didalam tubuh mengalami proses regenerasi menggantikan sel yang rusak dengan sel yang baru.

2. Tubuh Beristirahat.
Dalam tidur memungkinkan tubuh untuk beristirahat dari kelelahan akibat kerja seharian, tidur juga dapat membuat hormon pertumbuhan menjadi lebih lancar dan kekebalan tubuh melawan penyakit menjadi lebih meningkat serta kemampuan fisik dan konsentrasipun bertambah.

3. Membuat kulit menjadi cerah.
Stres mental yang diakibatkan oleh kurang tidur dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut, sehingga darah yang dipompa keseluruh tubuh menjadi berkurang. Aliran darah yang lancar dapat menghasilkan warna kulit yang cerah karena pembuluh darah pada wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Selain itu stres yang diakibatkan kurang tidur juga dapat menghasilkan minyak yang berlebihan pada wajah, membuatnya menjadi lebih rentan terhadap gangguan jerawat, membuat kulit menjadi lebih cepat kendur dan berkerut sebelum waktunya, karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya yang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

4. Membuat mata tampak lebih cerah.
Mata akan menjadi kering dan iritasi jika kelopak mata tidak terpejam dalam waktu yang cukup lama, kekurangan tidur dapat memicu fatigue atau kelelahan, memperlambat sirkulasi darah di dalam kulit yang setipis kertas disekitar mata, ini menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata, menjadikan mata terlihat tidak indah.

5.Membuat rambut lebih sehat dan berkilau.
Nutrisi yang bermanfaat ke akar rambut dapat terkikis karena kurangnya tidur dimalam hari sehinga membuat tubuh selalu berada dalam kondisi kritis, sehingga memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah yang terbatas, padahal energi ini bisa memberikan banyak nutrisi ke akar rambut. Tanpa nutrisi yang cukup rambut akan kelihatan kusam dan mudah patah.

6.Membuat tubuh menjadi lebih ramping.
Satu fakta yang mengagetkan bagi banyak perempuan adalah kurang tidur dapat membuat berat badan bertambah. Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lambat. Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan, yaitu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar itu berarti kurangnya hormon pertumbuhan akan membuat lemak menjadi lebih banyak.

7. Membuat semangat sepanjang hari.
Ketika tubuh kekurangan tidur mood atau perasaan seseorang cenderung akan naik turun, kapasitas tidur yang terbatas menyebabkan kemungkinan untuk mengalami depresi dan cemas akan lebih tinggi. Tidur malam dapat memperbaiki kualitas hidup anda. Oleh karena itu, tidur pada malam hari sangat penting untuk dijadikan prioritas untuk dilakukan secara konsisten.

8. Meningkatkan daya ingat.
Apabila anda merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ditempat kerja, maka kemungkinan anda kurang tidur pada malam hari. Kurang tidur sering menyebabkan masalah memori terhadap suatu fakta atau kejadian yang dihadapi ataupun dalam sebuah percakapan. Salah satu manfaat terbesar dari tidur adalah memungkinkan otak memiliki daya pikir lebih baik dalam menerima suatu hal atau pengetahuan baru serta meningkatkan efisiensi daya kerja otak.

9. Tidur memperbaiki tubuh.
Tubuh mampu menghasilkan molekul protein tambahan saat anda sedang tidur yang membantu tubuh memperkuat kemampuan untuk melawan infeksi dan tetap sehat. Tidur juga memperkuat sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.




Namun terkadang, ada beberapa hal yang dapat mengganggu berjalannya proses tidur ini. Salah satunya adalah sering terbangun di malam hari. Menurut Direktur Klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di the University of Pennsylvania James Findley, Ph.D, jika Anda terbangun hanya karena berganti posisi tidur kemudian terlelap lagi, itu tidak jadi masalah. Tapi apabila terbangun setiap 30 menit sekali, berarti ada yang salah dengan kondisi fisik atau lingkungan Anda. Ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Gangguan Tidur
Ada beberapa gangguan tidur yang membuat seseorang sering terbangun di malam hari. Penderita insomnia misalnya, tidak hanya sulit untuk terlelap, tapi juga cenderung terbangun beberapa kali di malam hari. Gangguan tidur lainnya adalah sleep apnea, yaitu gangguan pernafasan yang terjadi saat tidur, yang berlangsung selama lebih dari 10 detik. Ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen (pengukuran dari jumlah oksigen yang dibawa atau dilarutkan dalam media tertentu) lebih dari 3%.

"Bagi penderita sleep apnea, mungkin tidak akan menyadarinya kecuali ada teman tidur di sebelah Anda yang memberitahu kalau Anda sering berhenti bernapas selama tidur," ujar James.

2. Kondisi Fisik


Terkadang kondisi tubuh yang 'tidak normal' bisa membuat Anda selalu terbangun di tengah malam atau pagi buta. Masalah pada pencernaan bisa membangunkan Anda di malam hari jika Anda terlalu banyak makan sebelum tidur. Beberapa masalah kejiwaan seperti kecemasan berlebihan atau bipolar disorder juga diketahui jadi penyebab seseorang mudah terbangun di sela-sela tidurnya.

Pembesaran prostat pada pria juga bisa membuat dirinya terjaga di malam hari karena banyaknya frekuensi buang air kecil. Beberapa perawatan medis, seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau jenis obat yang bersifat diuretik (meningkatkan buang air kecil) juga bisa mengganggu jam tidur di malam hari.

3. Faktor Lingkungan
Kondisi lingkungan sangat memengaruhi nyenyak/tidaknya tidur Anda. Bias cahaya yang masuk dari luar rumah ke kamar bisa membuat Anda terbangun tanpa sadar. "Terkadang cahaya yang menembus tirai jendela kamar bisa jadi masalah. Jadi sebaiknya Anda pakai tirai berbahan tebal untuk mengatasinya," kata James.

Begitu juga dengan cahaya lampu yang menembus lewat celah di bawah pintu kamar, atau dari alarm jam dan layar LCD smartphone/tablet Anda. Matikan semua peralatan elektronik sebelum tidur, atau tempatkan barang-barang yang berpotensi menimbulkan cahaya jauh dari tempat tidur.

Suara dari kendaraan bermotor atau aktivitas orang di tengah malam juga bisa menyela waktu tidur. Jika suara-suara sekecil apapun bisa membuat Anda terbangun, sebaiknya pasang karpet peredam suara atau musik instrumental yang bisa menyamarkan suara mengganggu dari luar.

Tips untuk mengatasinya:
Lakukan kebiasaan sehat untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari. Hindari makan terlalu banyak atau berat jelang waktu tidur. Bagi orang yang sulit terlelap, usahakan tidak tidur siang terlalu lama karena bisa mengganggu siklus tidur yang seharusnya. Tapi jika di malam hari Anda kurang tidur sementara mata harus tetap terjaga di siang hari (karena menyetir), James menyarankan untuk tidur siang maksimal 45 menit. Lebih lama dari itu, Anda akan sulit tidur setelah matahari terbenam.

Hindari minum alkohol. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research, minuman beralkohol bisa mengganggu ritme tidur normal. Minum alkohol seperti wine, bir atau champagne memang bisa membuat orang tidak sadar dan tidur terlelap. Tapi mengurangi waktu di fase tidur REM (rapid eye movement, tidur namun mata --dalam keadaan tertutup-- masih bergerak dan otaknya aktif) sehingga Anda akan bangun dalam keadaan lemas dan kepala pusing.



Sumber :
http://wolipop.detik.com/read/2013/06/03/185330/2263667/1135/ini-penyebab-anda-sering-terbangun-dari-tidur-di-tengah-malam
http://semuaitubermanfaat.blogspot.com/2012/01/manfaat-tidur-untuk-manusia.html

3 komentar: