Minggu, 07 April 2013

Kantor masa depan



              Berkembangnya zaman membuat banyak hal datang yang semakin membaik. Salah satu contohnya adalah kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Berkembangnya ilmu pengetahuan diiringi dengan teknologi yang semakin membooming untuk melakukan riset-riset penelitian. Teknologi yang digunakan tidak hanya sekedar alat elektronik dan internet yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengolahan data, penyimpanan dan pengarsipan data serta penyampaian informasi mulai berkembang lebih baik. Jika dahulu orang harus membukukannya dengan banyak kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan, maka sekarang dengan adanya teknologi, semua pekerjaan dapat dilakukan satu kali tulis menggunakan aplikasi komputer untuk mengerjakannya.


             IPTEK pun ikut membantu meningkatnya proses ekonomi, bisnis, dan menejemen. Perusahaan-perusahaan besar saat ini sudah memanfaatkan teknologi yang ada, semua arsip dan data-data perusahaan terhubung online sehingga segala proses dapat berjalan dengan lebih cepat dan hemat .

Kantor masa depan
             Suatu   perusahaan dalam mengembangkan pemrosesan data dibutuhkan suatu kecepatan dalam memproses data menjadi sebuah informasi. Karena bagaimanapun kita dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam waktu yang seefisien mungkin sehingga bisa memberikan suatu kepuasan, baik untuk perusahaan maupun pelanggan perusahaan. Maka didalam perusahaan yang akan kita pimpin harus menggunakan system CBIS untuk menunjang pekerjaan manajer dan para karyawan.


              Tak  bisa dipungkiri, untuk melakukan perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerja, kita harus menggunakan mesin berteknologi tinggi. Seperti yang ada didalam aplikasi otamasi kantor, seperti word processing, video conference, audio conference, computer conference dan lain-lain. Tapi tidak semua pegawai diperusahaan kita menggunakannya hanya staf yang berkepentingan yang dapat menggunakan aplikasi tersebut, misalnya manajer, professional, sekretaris dan staf administrative.



Didalam perusahan yang kita pimpin agar perusahaan menjadi maju pesat kita harus mempunyai seorang manajer yang professional(manajer kelas atas) karna  seorang manajerlah yang mempunya tanggung jawab tinggi mengelolah sumber daya perusahaan. Dimana seorang manajer harus menerapkan system pengambilan keputusan untuk para karyawannya.

Tidak hanya menggunakan peralatan berteknologi tinggi, didalam perusahaan harus ada bagian pengolahan data yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi untuk semua manager dalam perusahaan agar menghasilkan keputusan yang berguna bagi pemakainya.

Diperusahaan juga harus ada keterbukaan akuntansi adan keuangan, yang bertugas mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, menguba data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun diluar perusahaan. Agar ada kesejahteraan pegawai didalam perusahaan.

Sistem CBIS
Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini.

Penerapan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer misalnya, merupakan salah satu alternatif jawaban yang tepat jika pihak manajemen menginginkan suatu sumber informasi yang dapat menghasilkan masukan sesuai yang diinginkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar