Jumat, 21 September 2012

BATIK! Trully Indonesia


Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing. Kesenian batik ini telah dikenal semenjak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada raja-raja berikutnya , bahkan kerajaan selanjutnya.

Berikut jenis-jenis batik di Indonesia :

Batik pada kain Toraja

Batik Kawung

Batik Parang

Batik Jlamprang
Namun, sepertinya pesona batik saat ini mulai pudar. Dengan diterjang arus globalisasi, masyarakat Indonesia sendiri lebih bangga memakai pakaian dengan gaya harajuku style ataupun dengan gaya-gaya artis hollywood. Sehingga ada negara yang memanfaatkan kelengahan kita ini. Siapa lagi kalau bukan MALAYSIA. Isu yang sangat meresahkan seluruh warga Indonesia di sekitar tahun 2008-nan, menjadi tamparan bagi masyarakat Indonesia yang selama ini tidak peduli dengan warisan budayanya , khususnya batik.

Pemerintah pun tidak tinggal diam, Untuk melestarikannya, Pemerintah Indonesia menominasikan batik Indonesia untuk dikukuhkan oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage). Dengan begitu tidak ada lagi klaim-klaim yang bisa merusak kerukunan antar bangsa.

Sebenarnya bukan hanya pemerintah saja lah yang memegang peranan penting dalam menjaga batik ini, tetapi seluruh masyarakat Indonesia juga harus mempunyai kesadaran dalam melestarikannya. Sudah banyak desainer-desainer Indonesia yang mendesain batik dengan lebih modern, sehingga pandangan bahwa menggunakan batik itu kampungan atau cupu bisa hilang. Selain desainer Indonesia, merk pakaian ADIDAS pun meluncurkan beberapa produk dengan desain batik. Tentu ini sangat membantu dalam penyebaran batik sebagai ikon fashion Indonesia.
Jessica Alba

Produk ADIDAS dengan desain batik



Reese Witherspoon

Lenka

Batik di Jakarta Fashion Week

Terbukti, batik bukan hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga masyarakat di luar Indonesia turut menyukai motif batik ini. Jadi, asumsi bahwa memakai batik itu kampungan ataupun kuno perlahan mulai terhapus .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar